2 Jun 2015

Kapan USM STAN 2015 di buka?

    
Morning at STAN 2015
Ujian Saringan Masuk (USM) STAN merupakan hal yang paling ditunggu oleh sebagian besar lulusan SLTA di Indonesia. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mengikuti USM STAN setiap tahunnya. 
     Tidak seperti Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS)  bahkan Perguruan Tinggi Kedinasan ( PTK ) lain di Indonesia yang selalu membuka menerima mahasiswa baru setiap tahunnya, STAN tidak selalu menerima  mahasiswa baru. Ada atau tidaknya penerimaan mahasiswa baru tergantung pada Kementrian Keuangan (KEMENKEU) Republik Indonesia, STAN hanya akan menerima mahasiswa baru apabila KEMENKEU menghendakinya. Hal itu membuat STAN menjadi PTK yang bisa dibilang misterius dalam hal penerimaan mahasiswa baru.
     Selain hal tersebut di atas, ada hal lain yang menarik tentang pendaftaran STAN yaitu tanggal pendaftarannya yang tidak diberitahukan jauh - jauh hari sebelumnya. Kalau di PTN misalnya, kita bisa melihat jadwal penerimaah mahasiswa baru melalui berbagai jalur lengkap dengan tanggal pelaksanaannya. Maka di STAN kita tidak akan bisa menemukan hal semacam itu, STAN hanya merekrut mahasiswa baru melalui satu jalur, yaitu USM STAN, tidak ada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), ataupun Seleksi Mandiri (SM). Tanggal pelaksanaan pendaftaran USM STANpun tidak pernah dipublikasikan jauh - jauh hari sebelumnya, tanggal pendaftaran USM STAN hanya akan dipublikasikan satu hari sebelumnya. Tanggal pendaftaran USM STAN setiap tahunnya tidaklah sama, bisa saja berjarak sangat lama, bahkan dalam satu tahun STAN bisa saja tidak menerima pendaftaran mahasiswa baru, karena memang Kemenkeu tidak menghendakinya.
     Akhir - akhir ini banyak sekali saya jumpai para peminat STAN yang agaknya kurang minat membaca atau mengenal Perguruan Tinggi yang mereka inginkan padahal mereka adalah pengguna jejaring sosial. Banyak sekali mereka menanyakan hal - hal yang menurut saya tidak perlu ditanyakan karena sebenarnya sudah ada banyak sekali informasi di internet tentang PTK yang satu ini. Jadi, sekali ada pertanyaan dibenak mereka, langsung aja mereka posting di jejaring sosial tanpa mencari informasi sendiri terlebih dahulu. Padahal seharusnya untuk menjadi mahasiswa, apalagi mahasiswa STAN, para calon mahasiswa haruslah kritis, carilah informasi terlebih dahulu.Baru, kalau tidak menemukan jawabannya bisa ditanyakan secara langsung di jejaring sosial. Apa jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka yang menurut saya tidak perlu itu?
Tentu saja dibuly, dikasih saran untuk searching di google, bahkan bisa aja dicuekin.
     Pertanyaan yang paling sering ditanyaka adalah tentang waktu pendaftaran USM STAN, padahal seperti saya uraikan di atas. Waktu pendaftaran USM STAN adalah hal misterius setiap tahunnya. Dan yang lebih penting, biasanya ada banyak sekali informasi yang tidak dapat dipertanggunjawabkan tentang pendaftaran USM STAN yang entah dari mana sumbernya. Misalkan saja tahun 2015 ini, sempat beredar isu bahwa USM STAN akan diselenggarakan awal Mei, ada crash program seperti tahun 2009, bahkan ada juga isu tidak adanya USM STAN  2015. Hasilnya apa? Pihak STAN melalui web resminya, stan.ac.id dengan posting yang berjudul "PEMALSUAN BERITA PENERIMAAN MAHASISWA BARU PROGRAM DIPLOMA KEUANGAN SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA TAHUN AKADEMIK 2015/2016 yang diterbitakn pada bulan Mei 2015", mengklarifikasi bahwa berita - berita yang beredar itu adalah berita yang tidak benar dan tidak dapat dipertanggungjawabkan .Jadi, kesimpulannya bahwa pelaksanaan pendaftaran USM STAN yang dapat dipertanggungjawabkan adalah yang diterbitkan oleh STAN melalui web resmi, diantaranya www.stan.ac.id, www.bppk.kemenkeu.go.id, dan www.kemenkeu.co.id.
     Sampai hari ini, tanggal 1 Juni 2015. Pendaftaran USM STAN belum dibuka, masih ada banyak kemungkinan, bisa saja dibuka minggu ini, minggu depan, bulan depan, atau bahkan tidak ada penerimaan siswa baru. Hal yang bisa kita lakukan adalah mengikuti web - web resmi di atas disertai dengan usaha untuk mempersiapkan USM STAN 2015 dan doa yang sungguh - sungguh. Semoga para pembaca menjadi salah satu calon mahasiswa yang diterima menjadi mahasiswa STAN 2015. aamiin. 

Rujukan :
http://stan.ac.id/kategori/index/6/page/pemalsuan-berita-penerimaan-mahasiswa-baru-program-diploma-keuangan-sekolah-tinggi-akuntansi-negara-tahun-akademik-20152016.diakses 01/06/2015

3 komentar:

  1. kak,bagi nomor hp dong
    biar bisa nanya-nanya tentang USM STAN

    BalasHapus
  2. Thanks Gan, It is very informative.

    BalasHapus

Terimakasih Telah Berkunjung. Tamu yang Baik Selalu Meninggalkan Kesan. Silakan Tuangkan Kesan Kamu di Sini.