18 Nov 2016

LATIHAN SOAL TPA USM PKN STAN : HIMPUNAN

Latihan Soal TPA USM PKN STAN:Himpunan - Sebagian besar peserta yang tidak berhasil lolos USM PKN STAN adalah mereka yang tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik, khususnya di bagian Tes Potensi Akademik (TPA). Adalah hal yang peting untuk dapat mengerjakan soal-soal TPA setepat dan secepat mungkin. Bayangkan, terdapat 120 soal sedangkan waktu yang disediakan untuk mengerjakan hanya 100 menit. Dengan mengerjakan setepat dan secepat mungkin, teman-teman akan memiliki cukup waktu untuk mengerjakan soal-soal yang memang butuh waktu lama untuk menyelesaikannya. 


Himpunan adalah salah satu jenis soal yang dapat dikerjakan secara cepat dan tepat. Kuncinya adalah latihan. Untuk itu, pada kesempatan ini Saya akan berbagi bagaimana cara mengerjakan contoh soal himpunan dengan cepat dan tepat. 


Yang ditanyakan adalah yang tidak termasuk himpunan nilai x dikalikan dengan y. 
Cara Cepat :
Cara #1
Kalikan semua nilai x dan y yang terbesar dan terkecil.
# 0 x (-3) = 0 (x terkecil kali y terkecil)
# 1 x (11) = 11 (x terkecil kali y terbesar)
# 8 x (-3) = -24 (x terbesar kali y terkecil)
# 8 x 11 = 88 (x terbesar kali y terbesar)
Himpunan nilai xy adalah antara -24 s/d 88. Sehingga pilihan 96 tidak termasuk. Maka Jawabannya D.

Cara #2
Himpunan X = { 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 } 0 tidak termasuk karena x lebih dari 0.Sedangkan 8 termasuk karena x kurang dari atau sama dengan 8. 
Himpunan Y = { -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11} -3 termasuk karena y lebih dari atau sama dengan -3. Sedangkan 12 tidak masuk karena y kurand dari 12. 
Lihat pilihan jawaban, apakah terdapat anggota himpunan x dan y yang jika dikalikan hasilnya sejumlah pilihan yang tersedia, jika tidak berarti tidak temasuk.
A. -24 { 8 x (-3) } Ada
B. -12 { 4 x (-3} atau { 6 x (-2) } Ada 
C. 0 Ada
D. 96 Tidak ada karena maksimal adalah 8 x 11 = 88
E. 72 { 8 x 9 } Ada
Sehingga jawaban yang tepat adalah D.

Itulah contoh cara cepat mengerjakan soal TPA USM PKN STAN. Yang perlu teman-teman lakukan adalah berlatih sebanyak mungkin dan sesering mungkin. Dengan begitu, teman-teman akan terbiasa dan tahu cara paling cepat untuk mengerjakan. Tema-teman bisa belajar mandiri dengan menggunakan softfile yang bisa teman-teman dapatkan dari internet, atau dengan membeli buku khusus pembahasan USM PKN STAN tahun, tahun sebelumnya, atau bahkan teman-teman bisa mengikuti program bimbel USM PKN STAN. Tapi saya merekomendasikan teman-teman untuk belajar dengan buku khusus USM PKN STAN. Selain ekonomis, belajar dengan buku dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Telah Berkunjung. Tamu yang Baik Selalu Meninggalkan Kesan. Silakan Tuangkan Kesan Kamu di Sini.