4 Des 2014

Inggris, Britania Raya, dan United Kingdom.

    Tak dapat dipungkiri bahwa kini masih banyak orang yang melakukan kesalahan ketika mereka bermaksud mengatakan United Kingdom (The United Kingdom), Britania Raya (Great Britain), dan Inggris (England). Mereka biasanya menyebut ketiganya adalah Inggris. Sebuah kesalahan yang sudah umum terjadi, bukan hanya di Indonesia melainkan di seluruh dunia, kecuali di United Kingdom sendiri tentunya. Bagaimana mungkin mereka salah pemahaman tentang ketiga nama tersebut sedangkan mereka tinggal di sana?  Betul bukan?


     Memang kesalahan pemahaman tersebut sudah lama terjadi, Seperti kata-kata dari George Mikes berikut ini :

 "When people say England, they sometimes mean Great Britain, sometimes the United Kingdom, sometimes the British Isles but never England."

Dalam Bahasa Indonesia kira-kira seperti ini :

"Ketika orang-orang mengatakan Inggris, mereka terkadang bermaksud Britania Raya, terkadang United Kingdom , terkadang Kepulauan Britania, tetapi tidak pernah bermaksud mengatakan Inggris."

     Yep, kata-kata yang memang benar adanya, saya sendiripun dulu sempat bingung dengan bendera Inggris. Bendera yang Inggris yang ada di buku-buku pelajaran bahasa Inggris ternyata berbeda dengan bendera Inggrisnya timnas Inggris ketika saya nonton Rooney dkk bermain sepak bola.
Oleh sebab itulah saya bergegas mencari tahu kenapa hal itu bisa terjadi, usut punya usut nih, ternyata bendera yang ada di buku-buku pelajaran bahasa Inggris bukanlah bendera Inggris, melainkan Bendera the United Kingdom

 
the Union Jack
Ayo tebak bendera di atas, Inggris, Britania Raya, atau United Kingdom?
Yep, betul sekali. Itu adalah Bendera United Kingdom. Nama tenarnya adalah Union Jack.

Lalu Bagaimana dengan Britania Raya?
Tentu saja Britania Raya tidak ada benderanya, kan bukan nama sebuah negara, melainkan nama sebuah pulau yang di atasnya berdiri negara Inggris, Skotlandia dan Wales.
Tapi di dalam flag counter blog saya ada tuh pengunjung dari Great Britain dan benderanya sama seperti bendera the United Kingdom.

Dan Inggris?
Nah, ini dia bendera Inggris yang sebenarnya.
Bendera Inggris

Belum jelas ya? Oke saya lanjutkan,

Nah, sekarang saya akan berbagi pengetahuan saya ini kepada kalian. Untuk mempermudah, saya buat beberapa pertanyaan sekaligus jawaban di bawahnya.

1. Apakah Perbedaan antara the United Kingdom, Great Britain dan England.
    the United Kingdom, nama resminya adalah United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland adalah sebutan untuk gabungan dari empat negara (bukan negara merdeka), yaitu Inggris, Wales, Skotlandia (Scotland), dan Irlandia Utara (Northern Ireland).
wilayah United Kingdom (yang berwarna kuning)
Ternyata Bendera United Kingdom adalah Gabungan dari bendera-bendera negara anggotanya.
Untuk Lebih jelasnya lihat gambar berikut.
Pembentukan Bendera UK
     Britania Raya adalah nama sebuah pulau yang berada di sebelah barat laut negara Perancis dan di sebelah timur Irlandia. Pulau ini terdiri dari tiga negara, yaitu Inggris, Wales dan Skotlandia. Jadi, Inggris bukanlah Britania Raya, melainkan bagian dari Britania Raya.
Wilayah Britania Raya
     Inggris adalah sebuah negara yang merupakan bagian dari United Kingdom dan Britania Raya.
Baik Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara bukanlah negara merdeka, yang merupakan negara merdeka adalah United Kingdom. Dalam pemerintahan mereka berada dalam satu naungan, namun dalam hal olahraga, mereka berdiri sendiri-sendiri.
Jangan bingung dengan Republik Irlandia dan Irlandia Utara, keduanya berbeda. Republik Irlandia merupakan negara merdeka dan bukan bagian dari United Kingdom.

2.  Apakah Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara adalah negara merdeka?
      Seperti yang telah saya singgung di atas, jawabanya adalah bukan. Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara bukanlah negara merdeka melainkan empat wilayah otonomi yang menjadi bagian dari sebuah negara yang dikenal dengan nama the United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland atau hanya United Kingdom dalam bentuk singkatnya.


3. Di manakah ibu kota United Kingdom?
    Yep betul sekali, ibu kota United Kingdom adalah London yang terletak di Inggris. Pusat pemerintahan berada di sana, kalian tahu kan Ratu Elizabeth yang konon sangat cantik itu?  Ya Beliau bertempat tinggal di Istana yang terletak di London. Beliau Ratu Britania raya loh ya, bukan Ratu Inggris. Jangan sampai salah lagi.

Nah, sekarang kalian sudah tahu kan perbedaan antara  United Kingdom, Britania Raya, dan Inggris?
harus dong, kalau belum mohon dibaca ulang gih. hehe

Itulah hal yang saya ketahui tentang Inggris, semoga bermanfaat dan kalian tidak salah lagi. Review nih, Inggris adalah sebuah negara yang merupakan bagian dari Britania Raya. Britania Raya terdiri dari Inggris, Skotlandia, dan Wales. Sedangkan United Kingdom terdiri dari Britania Raya dan Irlandia Utara.
Sekian dan terimakasih atas kunjungannya.
salam,

Maun

               http://geography.about.com
               https://ayodonkbaby.wordpress.com




0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Telah Berkunjung. Tamu yang Baik Selalu Meninggalkan Kesan. Silakan Tuangkan Kesan Kamu di Sini.