2 Jan 2015

Assalamu'alaikum wr. wb. 
USM STAN
Apa kabar adik-adik?  Saya harap kalian baik-baik saja sehingga bisa mempersiapkan USM PKN STAN dengan matang. Kali ini saya akan memberikan sedikit tips mengerjakan soal Tes Bahasa Inggris (TBI) USM PKN STAN. Kemarin hasil Try Out USM PKN STAN oleh Pasederekan Mahasiswa Purbalingga STAN (Dewangga) telah diterbitkan, dan ternyata banyak sekali peserta yang lolos nilai mati TPA namun gagal di TBI. Bahkan ada peserta yang Tes Potensi Akademik (TPA)nya betul 68, namun sayang sekali dia gagal lolos karena TBI hanya betul 15. Untuk catatan, TPA betul 68 itu sudah sangat bagus menurut saya. Saya akui ketika mengikuti Try Out pada tahun 2013, saya jarang sekali TPA betul melebihi 60,  bahkan ketika Try Out pertama TPA hanya betul 48. Meskipun tidak terlalu menguasai TPA, alhamdulillah saya selalu mendapatkan hasil yang baik untuk TBI. 
Memang untuk lulus USM PKN STAN bukan sekedar lolos nilai mati, melainkan harus mendapatkan nilai semaksimal mungkin, karena pesaing kalian banyak sekali. Namun, sebagai langkah awal tentu target kita lolos nilai mati terlebih dahulu. Baru setelah itu kita harus mempunyai target mendapatkan nilai setinggi mungkin.

Tips Mengerjakan TBI USM PKN STAN Dengan Cepat dan Benar berdasarkan pengalaman saya:

1. Mengerjakan soal-soal latihan USM PKN STAN

Hal  pertama yang harus kalian lakukan untuk menguasai TBI adalah mengerjakan soal-soal yang kalian miliki, Ini merupakan langkah memperkenalkan diri terhadap soal-soal tersebut. Dengan mengerjakan soal-soal latihan, kalian mulai mengenal bentuk, tipe dan macam-macam soal. Beberapa soal ada yang telah kalian pelajari di sekolah, namun sebagian besar belum. 

2. Mencari dan mempelajari materi TBI USM PKN STAN

Setelah mengerjakan soal-soal latihan sebagai perkenalan, langkah yang selanjutnya adalah mencari dan mempelajari materinya. Beberapa materi memang sudah kalian pelajari di sekolah, misalkan :conditional sentence, subjunctive, serta gerund dan infinitive. Namun sebagian besar materi TBI adalah materi baru, sehingga kalian harus mencarinya di berbagai sumber. Contoh materi yang tergolong baru adalah Concordance, Derivative, dan Paralellism.

3. Mengerjakan kembali soal-soal latihan sambil sesekali membaca materi (Open book)

Setelah mencari dan mempelajari materi, tentu saja kalian harus mengerjakan kembali soal-soal latihan, sehingga kalian bisa mengaplikasikan apa yang telah kalian pelajari. Cobalah kerjakan soal dengan sesekali membaca materi yang sudah kalian miliki, hal ini akan mempermudah kalian mengingatnya. Setelah itu, carilah soal-soal yang sejenis supaya ingatan kalian akan materi tersebut semakin kuat.

4. Mengerjakan kembali soal-soal latihan tanpa membaca materi (Close book)

Setelah mengerjakan soal secara open book berulang kali, kerjakanlah soal-soal yang tersedia tanpa membaca materi. Ingat-ingatlah termasuk ke dalam materi apa soal-soal yang sedang kalian kerjakan. Setelah selesai, cocokkanlah jawaban kalian dengan kunci jawaban dan kerjakan ulang soal-soal yang masih belum kalian jawab dengan benar sambil membaca materi. Hal ini akan semakin menguatkan ingatan kalian.

5. Mengerjakan soal-soal latihan sesuai dengan waktu tes sesungguhnya, yaitu 50 menit dan mengikuti Try Out

Pada tahap ini, usahakan menjawab benar sebanyak mungkin menjawab salah seminimal mungkin.

6. Kerjakanlah soal-soal favorit kalian terlebih dahulu

Saya yakin kalian akan menemukan soal-soal favorit jika kalian melaksanakan tahap ke satu sampai empat dengan serius. Bagaimana kita akan menyukai seseorang jika kita tidak mengenalnya? hehe Bagian soal favorit saya adalah error recognition, sehingga saya mengerjakannya pertama kali. 

7. Mengerjakan soal bacaan

Dalam TBI USM STAN biasanya ada tiga bacaan, hal yang biasanya ditanyakan adalah judul yang tepat, tema paragraf, kalimat utama, isi paragraf tertentu, sinonim, antonim, dan kata ganti. Kerjakanlah soal yang menanyakan sinonim, antonim dan kata ganti saja terlebih dahulu. Apabila masih ada waktu, kerjakanlah soal-soal yang lain. Namun apabila tidak, abaikanlah saja.

8. Jangan terlalu memikirkan arti dari suatu kalimat atau bacaan

Yang terpenting adalah kata kunci untuk menjawab soal. Dengan kata kunci, kita dapat menjawab       soal dengan cepat dan benar. Nah, bagaimana menemukan kata kunci di setiap soal ?

Lihat contoh berikut ini. 

Contoh soal yang hanya memerlukan kata kunci untuk menjawabnya :
    
Soal TBI TO USM STAN DEWANGGA 2014
Dengan hanya melihat kalimat You'd better .....
Kita sudah bisa menentukan jawabannya, yaitu A. get, kenapa? Karena idiom had better selalu diikuti olih kata kerja bentuk pertama (bare verb). Dengan cara ini, kita bisa mengerjakan soal ini kurang dari 10 detik. Sehingga kita memiliki cukup waktu untuk mengerjakan soal bacaan yang membutuhkan waktu lama.

Selain itu, kita bisa menjawab soal tenses dengan hanya mengetahui keterangan waktu dan subjek sebagai kata kunci. 

9. Jawablah 40 soal atau lebih 

Kenapa 40 menjadi patokan? Begini, untuk menghindari nilai mati, jawaban benar harus 20 (1/3 dari jumlah soal ). Anggap saja kalian hanya yakin benar 20 jawaban, maka 20 soal lainnya merupakan cadangan seandainya jawaban yang yakin benar ternyata salah. Dengan begitu prosentase tingkat kelulusan kalian dari nilai mati akan meningkat jika dibandingkan misalnya hanya menjawab 25 soal. Kan kalau salah minus 1 Kak? Rugi dong ?  Baca ulasan tip ke-10. 

10.Tips Pamungkas : Jika sudah ikhtiar semaksimal mungkin tetapi tetap tidak mampu melewati nilai mati tiap kali Try Out, jawab saja semua soal TBI dengan metode feeling (The less-recommended tip)

Nah, inilah tip pamungkas untuk kalian. Jika kalian sudah merasa berusaha maksimal, inget loh ya sudah usaha maksimal tetapi tetap tidak berhasil lolos nilai mati, yang harus kalian lakukan adalah menjawab semua soal TBI yang jumlahnya 60 soal. Gunakan feeling kalian seperti ketika kalian mengerjakan soal-soal tes bahasa Inggris di SMA. hehe ... 

Logikanya begini, Kalian harus menjawab benar 1/3 dari jumlah soal yaitu 20 soal. Sedangkan ketika Try Out, kalian tidak pernah benar lebih dari 20 soal dan soal yang dijawab misalkan kurang dari 60 soal. Maka dengan menjawab semua soal yang ada, hampir bisa dipastikan ada peningkatan jumlah jawaban yang benar. Artinya prosentase tingkat kelulusan kalian akan meningkat. 

Anggap saja ketika kalian Try Out menjawab 40 soal dan hanya benar 19.
Coba jika kalian menjawab 60 soal?? 
dari 20 jawaban tambahan yang kalian pilih masa iya salah semua? 
Paling tidak ada satu saja jawaban yang benar, maka kalian lolos TBI. dan akan diperhitungkan nilainya bersama dengan peserta lain yang dinyatakan lolos nilai mati. 

Bahkan jika beruntung jawaban kalian banyak yang benar, maka nilai kalian meningkat. Yah, meskipun jawaban salah akan mengurangi nilai. Tapi ingat,Jawaban salah hanya mengurangi satu poin sedangkan jawaban benar menambah 4 poin. Kalian akan tetap untung dengan metode feeling ini, misalnya saja 5 jawaban tambahan yang kalian pilih hanya benar 1 dan salah 4. Maka nilai kalian dapatkan adalah 0 = (1x4) + (4x-1). Meskipun hanya 0 nilai, kalian tetap diuntungkan dengan meningkatnya 1 jawaban benar, tadinya 19 ( tidak lolos nilai mati ) menjadi 20 ( lolos nilai mati ). Kalian akan diperhitungkan dan akan bersaing dengan peserta lain yang lolos. Nah itu baru 5 jawaban pertama, masih ada 15 jawaban tambahan yang bisa saja banyak yang benar. 

Namun perlu diingat, PKN STAN membutuhkan orang - orang dengan kualitas number one. Jadi belajar bahasa Inggris dan berdoalah semaksimal mungkin karena dengan begitu peluang kalian lolos akan lebih baik. Setelah kalian menjadi mahasiswa, masih ada mata kuliah bahasa Inggris. Selain itu beberapa buku yang digunakan untuk perkuliahan juga menggunakan bahasa Inggris. Jadi, mulailah belajar bahasa Inggris dari sekarang. Cao .... 


Demikian Tips Mengerjakan TBI USM STAN Dengan Cepat dan Benar berdasarkan pengalaman saya. Namun masih ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan, misalkan belajar bersama dengan teman-teman, mengikuti Try Out Off Line maupun On Line sebanyak mungkin, mengikuti bimbel, dan yang paling utama adalah berdoa kepada Tuhan Yang Mahakuasa supaya diberikan kemudahan dan kecerdasan berfikir.  Untuk kalian yang muslim,bacalah doa ini setelah kalian sholat dan sebelum kalian belajar Doa Mohon Diberi Kecerdasan Berfikir. Insyallah apa yang kalian pelajari dapat kalian ingat dengan baik.

Semoga bermanfaat, apabila ada yang ingin ditanyakan silakan ungkapkan di kolom komentar. 
Jangan lupa baca juga materi TBI yang harus kalian pelajari di sini.

Baca juga : 9 Hal Yang Membuatmu Gagal Lolos Nilai Mati Tes Bahasa Inggris USM PKN STAN. 

18 komentar:

  1. Jawab yang kira-kira pas dan jawab semua soal walaupun tdk tau benar salahnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih tambahannya Mas Fathur. (y)

      Hapus
  2. thanks Bro, semoga bermanfaat. :D

    BalasHapus
  3. Sangat bermanfaat gan informasi cara mengerjakan soal tbi STAN bagi mereka yang ingin ikut tes USM tiap tahunnya

    BalasHapus
  4. Mkasih atas infonya kka.. Sangatt bermanfaat

    BalasHapus
  5. alhamdulillah jika bermanfaat. silahkan share agar teman-teman merasakan manfaatnya.

    BalasHapus
  6. terimakasih infonya.sangat bermanfaat... (y) thanks a lot of

    BalasHapus
  7. Nurul Atikah Siregar7:58 PM, Mei 03, 2016

    Terima kasih infonya kak, sangat bermanfaat:)

    BalasHapus
  8. sukses semuanya. semoga kita keteu di sana nanti. hehehew

    BalasHapus
  9. kak apakah materi b.ing yg ada di blog ini semuanya materi TBI USM STAN? *mohon utk dijawab yakak trimakasih:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Dek, bener. Saya share di sini berdasarkan pengalaman saya sendiri. Pengalaman ketika menjadi peserta dan menjadi tentor. :)

      Semoga bermanfaat. Selamat belajar ya. Jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua.

      Hapus
  10. Bang boleh minta medsosnya ga? Biar bisa tanya tanya :D

    BalasHapus

Terimakasih Telah Berkunjung. Tamu yang Baik Selalu Meninggalkan Kesan. Silakan Tuangkan Kesan Kamu di Sini.