13 Des 2014

Trik TBI SPMB PKN STAN MATERI MATERI HAD BETTER DAN ARTINYA

Dulu ketika mengerjakan soal try out Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), saya sering kali menemukan soal yang menggunakan  had better. Pertama kali saya menjawab soal dengan ungkapan had better, jawaban saya salah. Padahal ketika itu saya sudah sangat percaya diri bahwa jawaban saya benar dan sempat berdebat dengan teman satu kelas saya. Namun akhirnya bu guru datang dan memberikan jawaban yang benar beserta alasannya. 
Idiom

Ungkapan tersebut memang ungkapan yang sangat sering digunakan dalam soal UN, bahkan ketika UN SMK ungkapan tersebut keluar. Saya menjawabnya kurang dari 5 detik, Selain di UN, ungkapan tersebut juga selalu keluar di Ujian Saringan Masuk (USM) STAN. 
Karena sudah tau, sehingga saya menjawab soal dengan ungkapan tersebut di USM STAN 2014 dengan mudah, kali ini cukup satu detik saja mikirnya. haha

Baiklah akan saya bahas apa itu had better. Sebelum membahas tentang had better, kita harus tahu apa itu idiom

A. Idiom, dalam bahasa Indonesia disebut ungkapan adalah gabungan kata yang maknanya sudah menyatu dan tidak ditafsirkan dengan makna unsur yang membentuknya.  Jadi had better bukan berarti 'sudah lebih baik' karena had = sudah, dan better = lebih baik.

B. Had better, adalah sebuah idiom yang dalam bahasa Indonesia bermakna sebiaknya/lebih baik.
Rumus penggunaan Had better adalah sebagai berikut.

    a. Positif
        S+Had better + verb dasar (tanpa to, s/es, dan ing) + O
        contoh :  You had better take the umbrella soon. It is going to rain. 
                       (Kamu sebaiknya ambil segera payungmu. Hujan akan segera turun)
                       Lihat kata take, kata tersebut merupakan kata kerja dasar. (bukan to take, takes, took,
                       taken, maupun taking).
     b. Negatif
        S+Had better  not + verb dasar (tanpa to, s/es, dan ing) + O
        contoh :  You had better not take the umbrella. It is sunny.
                        Pada bentuk negatif, kita hanya perlu menambahkan not di antara better dan kata kerja
                        dasar. Ingat, jangan tambahakan to, sehingga menjadi ......had better not to take............
                         Itu salah besar.

Berikut saya ambilkan soal dengan idiom had better USM STAN tahun 2013.
134. We had better ... the manual to get more explanation about this product. 
A.  read
B . reading
C. to read
D. to reading


Ayo, mana jawaban yang benar????
Yep, betul sekali. Jawaban yang benar adalah A. B salah karena menggunakan -ing, C salah karena menggunakan to, dan D lebih salah lagi karena menggunakan to sekaligus -ing.

Demikian posting saya kali ini, tentang had better yang selalu keluar di UN SMK dan USM STAN. Semoga kalian faham dengan penjelasan saya. Semangat!!!!

1 komentar:

Terimakasih Telah Berkunjung. Tamu yang Baik Selalu Meninggalkan Kesan. Silakan Tuangkan Kesan Kamu di Sini.