9 Apr 2016

TIPS LARI 12 MENIT USM PKN STAN

Salah satu tahap USM PKN STAN adalah Tes Kesehatan dan Kebugaran. Dalam tahap ini, salah satu hal yang diujikan adalah lari mengelilingi lapangan selama dua belas menit. Semua peserta diwajibkan berlari mengelilingi lapangan dalam waktu dua belas menit dengan jarak tempuh semaksimal mungkin. Dua belas menit bukan waktu yang sebentar untuk lari mengelilingi lapangan, para peserta harus mampu bertahan untuk tetap lari, mengatur nafas, memaksimalkan tenaga dan mencapai jarak sejauh mungkin. Untuk mencapai semua itu diperlukan strategi dan latihan yang rutin.


Berikut adalah tips agar kuat lari dilansir dari Lifemojo.

Tips Agar Kuat Lari

1).Bernafas dari mulut

Bernafas menggunakan mulut adalah salah satu cara yang benar yang dilakukan berlari. Asupan oksigen melalui mulut akan lebih banyak bergitupun dengan karbondioksida yang keluar. Selain itu kondisi wajah dan rahang juga akan terasa santai. Berbeda ketika kita bernafas melalui hidung, maka wajah akan mengencang, rahang cenderung mengeras dan akan mudah capek serta ngos-ngosan tentunya karena kurangnya asupan dalam tubuh.

2).Menggunakan pernapasan perut bukan dada

Anda harus bisa membedakan mana pernapasan perut atau diafragma dan mana pernapasan dada. Bila masih belum paham cobalah anda terlentang kemudian silahkan hembuskan nafas beberapa kali. Dinamakan pernapasan dada adalah bila dada naik turun  dan dinamakan pernapasan perut atau diafragma adalah bila perut yang mengembang. Bernapas melalui perut akan membuat nafas anda lebih panjang dan membuat aktivitas lari anda efektif.

3).Mengambil nafas pendek tidak panjang

Mengatur ritme nafas pendek-pendek juga akan membuat lari lebih lama. Ketika nafas panjang biasanya nafas mudah sekali ngos-ngosan sehingga laripun tidak mampu berlari cukup jauh.

4).Nafas yang berirama

Salah satu strategi yang sering digunakan oleh para atlet lari adalah salah satunya dengan mengatur ritme nafas yang konsisten. Misalnya ada dua orang pelari, pelari yang satunya mengambil nafas ketika  kali melangkah sedangkan pelari kedua bernafas ketika 3 kali melangkah. Ini sisesuaikan dengan kondisi tubuh.

5).Dengarkan nafas anda

Komunikasi nafas anda, ketika bernafas dengarkan secara seksama menggunakan telinga anda. Ketika nafas mulai terengah-engah kurangi kecepatan lari dan apabila kembali stabil tingkatkan secara bertahap.

Latihan yang rutin adalah kunci keberhasilan, terapkan tips di atas setiap kali berlatih sehingga kalian dapat maksimal ketika menjalasni tes sesungguhnya.

Demikian artikel pada kali ini tentang tips agar kuat lari semoga dapat memberikan pengetahuan dan semoga bermanfaat.

Sumber : http://tipssehatonline.web.id/tips-agar-kuat-lari/

1 komentar:

  1. Saran bang bukannya kalo pernapasan lewat mulut tubuh akan lebih cepat haus ya banh?

    BalasHapus

Terimakasih Telah Berkunjung. Tamu yang Baik Selalu Meninggalkan Kesan. Silakan Tuangkan Kesan Kamu di Sini.