29 Mei 2016

TIPS SUKSES SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional. Bagi calon mahasiswa, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintaswilayah.



Ujian Tertulis tergantung kelompok yang diikuti, yaitu SOSHUM, SAINTEK, atau IPC. 
Tes Potensi Akademik (TPA),Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) yang terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris untuk semua kelompk. Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika tambahan untuk kelompok SAINTEK.
Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi tambahan untuk kelompok SOSHUM. Sedangkan kelompok IPC, materi ujiannya gabungan antara SOSHUM dan IPC. 

Berikut ini TIPS SUKSES SBMPTN yang berhasil saya rangkum dari beberapa website.

1. Siapkan Niat yang Kuat
Niatkanlah pada diri anda bahwa anda belajar itu murni karena Alloh. Serta niatkan pada diri anda bahwa anda pasti bisa menembus Perguruan Tinggi Negeri yang anda cita-citakan

2. Siapkan Motivasi dan Mental Baja
Apa yang memotivasimu untuk melanjutkan kuliah di PTN?
Jawablah pertanyaan anda dalam lubuk hati yang terdalam. Motivasi sangatlah penting untuk membakar semangat anda dalam pertarungan SBMPTN.

3. Membuat Timeline dan Tujuan yang akan dicapai
Timeline disini bisa berbentuk jadwal belajar anda untuk mempersiapkan SBMPTN 2015 atau hanya timeline tujuan yang harus anda capai etiap hari/minggu/bulannya.

4. Download Soal-soal SBMPTN atau membeli buku SBMPTN
Ini sangatlah penting  untuk anda yang sungguh-sungguh belajar untuk lolos SBMPTN, hal ini sesuai dengan pepatah 'BISA KARENA BIASA'. Biasakan mengerjakan soal-soal latihan SBMPTN agar bisa mengerjakan soal SBMPTN sesungguhnya.

5. Minta Doa restu orang tua dan orang - orang yang menyayangi anda
Doa menjadi hal yang tidak boleh anda remehkan, mintalah doa restu kepada orang tua dan orang - orang di sekitar anda.Ingat, ridho Tuhan tergantung ridho orang tua. 

6. Tenang dan Konsentrasi Menjadi Kunci Utama
Dalam pelaksanaan SBMPTN,Tenang menjadi hal yang sangat penting untuk menstabilkan emosi anda saat mengisi soal SBMPTN 2015. Banyak kejadian orang tidak lolos SBMPTN karena terburu-buru dan panik dalam mengisi soal. Konsentrasi pada soal SBMPTN, dan Kerjakanlah soal yang dianggap mudah terlebih dahulu.

7. Memakai Jam Tangan Saat Tes SBMPTN  Berlangsung
Fungsinya agar kita bisa mengatur waktu kita dalam mengisi soal SBMPTN 2015.

8. Lupakan dan Tinggalkan
Sesudah anda mengerjakan soal SBMPTN janganlah anda menanyakan soal-soal yang anda tadi kerjakan kepada teman atau siapapun itu. tujuannya agar anda tidak terlalu stress atau jumawa terhadap apa yang telah dikerjakan tadi oleh anda.

9. Berdo'alah yang terbaik kepada Tuhan Yang Maha Kuasa
Berdo'alah supaya anda diberikan jawaban yang terbaik nanti pas pengumuman SBMPTN. Terima hasilnya dengan lapang dada.

Sumber : 
http://www.pedidikanindonesia.com/
https://id.wikipedia.org


1 komentar:

  1. Ka Maun sorry, waktu itu kakak pernah ngerekomendasiin app untuk pembahasan grammar di fb, nama klo bleh tau apa namanya kak?

    BalasHapus

Terimakasih Telah Berkunjung. Tamu yang Baik Selalu Meninggalkan Kesan. Silakan Tuangkan Kesan Kamu di Sini.