13 Okt 2016

3 MACAM PENGGUNAAN ENOUGH

Enough yang berarti cukup adalah sebuah kata keterangan tingkat (adverb of degree). Kata keterangan tingkat adalah kata yang digunakan untuk menerangkan sampai seberapa jauh tingkatan kegiatan atau peristiwa.

Penggunaan Enough

Seperti kata keterangan lainnya, enough dapat diletakkan sebelum atau setelah kata yang diterangkan. Namun terdapat perbedaan dengan kata keterangan lain, enough memiliki aturan tersendiri apakah terletak sebelum atau setelah kata yang diterangkan. Perbedaan letak inilah yang sering muncul dalam tes-tes bahasa Inggris. Umumnya, para peserta tes tidak dapat menjawab dengan benar karena belum tahu aturan penggunaannya. 

Aturan Penggunaan Enough

A. Adjective + Enough

Jika menerangkan kata sifat (adjective), maka enough terletak setelahnya. Kata sifat adalah kata yang digunakan untuk menerangkan kata benda (noun) atau kata ganti (pronoun)  yang dapat berupa orang , tempat , binatang , benda atau hal abstrak. 

Beberapa kata sifat : beautiful, good, bright, sad, angry, tall, dan big. Perlu diingat, kata sifat terdiri dari beberapa jenis dan biasa disingkat dengan OSASCOM ( Opinion, Size, Age, Shape, Color, Origin, dan Material). 

Contoh :
She is beautiful enough. 
His performance is good enough to be broadcasted. 
The sky is bright enough. 

B. Adverb + Enough

Jika menerangkan kata keterangan (adverb), maka enough juga terletak setelahnya. Kata keterangan adalah kata yang memberi keterangan pada kata sifat, kata kerja, kata benda atau bahkan kata keterangan lain. 

Beberapa kata keterangan : fast, slow, late, rarely, dan often. Seperti kata sifat, kata keterangan juga terdiri dari beberapa jenis. 

Contoh :
The kid is late enough to sleep. 
I am sure, this motorcycle is fast enough to compete the racing championship. 
Mr. Robert visits his mother often enough since He knew that his mother is sick. 

C. Enough + Noun

Ini yang berbeda. Jika menerangkan kata benda (noun), maka enough terletak sebelumnya.  Kata benda adalah kata yang digunakan untuk menamai suatu objek seperti orang, benda, tempat, serta konsep/ide. Kata benda dapat berbentuk  tunggal (singural) atau (plural).

Beberapa kata benda : money, handphone, laptop, tree, light, friend, dan people. 

Contoh :
I don't have enough money to buy the smartphone.
The lamp can't emit enough light. 
I don't have enough people to join the competition. 

Setelah memahami aturan penggunaan enough, akan lebih baik jika dilanjutkan dengan memperlajari kata sifat, kata benda dan kata keterangan. Kurang lengkap jika mengetahui aturan penggunaan enough akan tetapi tidak dapat membedakan kata sifat, kata benda, dan kata keterangan. 

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Telah Berkunjung. Tamu yang Baik Selalu Meninggalkan Kesan. Silakan Tuangkan Kesan Kamu di Sini.