23 Jan 2022

Di kesempatan ini saya akan kembali bercerita tentang pengalaman saya menjadi mahasiswa baru di Universitas terbuka Jakarta atau UPBJJ-UT Jakarta. Kali ini tentang almamamater dan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB).


Jadi, saya kan daftar UT di semester 2021.2 jadi sekarang bener-bener masih baru ya. Terus di kalender akademik itu jadwal OSMBnya diantara tanggal 14 Juni-26 September 2021. Nah kebetulan Kemarin pas saya buka Instagramnya UT Jakarta, di sana ada info terkait OSMB mahasiswa baru semester 2021.2. Jadwal OSMBnya itu di hari Sabtu dan Minggu, 25 dan 26 September 2021 pukul 08.30 s.d. 14.30 WIB. Setelah saya buka, saya kebagian jadwal di hari Minggunya. Terus di sana juga ada informasi, kalau misalnya ada nama mahasiswa baru yang gak tertera di jadwal OSMB tsb, ternayta ada hari tambahan untuk khusus untuk mereka yaitu di hari Sabtu tanggal 2 Oktober 2021. Sehubungan dengan adanya pandemi covid-19, OSMB UT 2021.2 Jakarta itu akan dilaksanakan melalui aplikasi zoom meeting. Tapi di sini, mahasiswa tidak diwajibkan untuk menyalakan kamera. Ini sih UT bener-bener paham si dengan kondisi kita karena kalau harus on cam terus kan berat juga ya, berat di fisik berat juga di biaya internetnya. Terus, di ketentuan OSMB itu disebutkan bahwa mahasiswa baru itu wajib menggunakan almamater. Saya bingung dong secara saya belum memiliki almamater UT. Terus saya cari info, ternyta almamaternya bisa dibeli langsung di kampus UT UPBJJJ Jakarta. Jadi tadi siang saya langsung ke sana untuk membelinya. Layanan pembelian almamater ini dilakukakn di lantai dasar ya, pokoknya kalau misalnya bingung tinggal Tanya aja ke Bapak Security disana. Nanti akan dikasi tunjuk jalannya. Terus pembeliannya itu sangat mudah, kita tinggal antri aja. Tadi saya antri sekitar 15 orang aja kayaknya. Terus nyobain ukurannya. Kalau udah nemu yg pas tinggal bayar sebesar 110K dan almamater udah kita miliki. Btw pas beli almamater ini gak ditanya identitas apapun ya, jadi kalaupun seandainya kita bukan mahasiswa UT tapi pengen beli almamaternya ya bisa banget. Nah untuk pembelian secara online, itu belum ada layanananya dari UT Jakarta. Tapi kalau misalnya temen-temen mau beli secara online di marketplace itu bisa. Soalnya tadi saya sempet cek juga di marketplace dan ternyata ada. Harganya lebih mahal dikit sih. Cukup sekian cerita kali ini. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Telah Berkunjung. Tamu yang Baik Selalu Meninggalkan Kesan. Silakan Tuangkan Kesan Kamu di Sini.